Jumat, 27 Mei 2011

Definisi Gothic

 SAYA BUKANLAH PENGIKUT SETAN (sesat) ATAU PUN BERKEPERCAYAAN GOTHIC, TETAPI SAYA HANYA MENGIKUTI DAN MENYUKAI STYLE GOTHIC DAN ALIRAN MUSIK GOTHIC UNDERGROUND . . CATATAN PENTING: "ALLAH ADALAH TUHAN KU, MUHAMMAD ADALAH NABI KU, AL-QUR'AN DAN HADIST ADALAH PETUNJUK HIDUPKU, DAN ISLAM ADALAH AGAMA KU"

Ketika dengan penuh perasaan suka cita melihat sambutan senyum yang hangat dari para pecinta gothic yang semua dari mereka mengucapkan setidaknya satu kalimat yang sama,” kami gothic ,kami ingin kedamaian, dan kami baik- baik saja….” . Tentu,itulah alasanku,pemacu semangatku untuk terus menyelesaikan beberapa goresan lagi, agar tampak jelas wajah gothic dalam remang kadamaian.

Menurut sejarah gothic berasal dari nama suku bangsa jerman terutama bagian timur,visigoth.yang juga adalah saudara sub suku (biasa di sebut sub tribes) dari suku ostrogoth namun kemudian existensi ostrogoth menjadi misteri. Namun keduanya sama2 bercorak pengikut ajaran paganisme yaitu menyembah patung(berhala),beberapa para ahli sejarah Havard university menyebutkan bahwa patung –patung tesebut adalah perwujudan dari setan atau iblis. Hal ini sesuai pula dengan catatan–catatan dokumen sejarah dari reruntuhan romawi kuno yang menyebutkan bahwa bangsa gothic biasa mengadakan upacara persembahan manusia, mengenal sejenis santet,dan ritual mistis lainnya. Para pemuka kepercayaan mereka adalah tokoh –tokoh yang mempunyai kemampuan lebih dalam hal mistis di kalangan mereka.

Hal ini bukanlah hal yang aneh jika kita mengingat catatan sejarah di seluruh dunia pada masa-masa itu juga menganut kepercayaan yang serupa. Pada masa sebelum masehi sampai abad ke 2 hingga ke 6 masehi,ketika eksistensi visigoth sangat di perhitungkan,ketika itu kepercayaan menyembah patung/berhala menjadi hal yang universal. Kita tau bagaimana orang–orang jazirah arab menyembah latta,manna,uzzah dan hubal yang mereka adalah patung perwujudan entah dewa atau iblis. Juga dengan bangsa indonesia yang mengenal animisme dan dinamisme yang serupa,beberapa daerah bahkan menyembah demit penunggu suatu tempat misalnya kawah gunung atau hutan kramat. Lalu di daratan afrika dan amerika yang memuja patung dewa mereka,meski sebagian juga membangun altar untuk dewa matahari. Altar yang serupa juga di bangun untuk penganut paganis serta pemuja dewa matahari dan bulan di mesir,messopotamia,seluruh eropa timur dan tengah. Untuk di India no comment.

Sejak kesenian gothic kembali marak di abad 14 hingga 16 masehi, sempat muncul kekhawatiran bahwa kekuatan neo-paganis atau bahkan atheis akan mengancam secara perlahan kehidupan agama samawi yang tengah subur. Tetapi akhirnya kekhawatiran itu tidak terbukti dan tidak cukup beralasan. Gothic tak lain adalah pribadi yang arif dan santun ,mempunyai banyak ide seni yang khas ala diri mereka, dan hanya orang bodoh yang mempersamakan apa yang di percayai gothic sekarang dengan kepercayaan visigoth pada ribuan tahun yang lalu.

Abad 14 hingga abad 16 di percaya sebagai awal kebangkitan gothic saat ini,padahal tidak. Jauh sebelum itu, ketika orang-orang visigoth di khianati romawi kuno dan berpencar,menyebar dan menetap di seluruh eropa timur,rusia, hungaria,bulgaria ,skandinavia,jerman,italia, perancis dan tentu saja spanyol.mereka memulai peradaban kehidupan baru. Menerima agama baru yang dulunya mereka perangi atas dasar menjunjung tradisi dan kepatuhan terhadap pemuka spiritual dan pemimpin perang mereka. Mereka mengamalkan agama baru,agama samawi yang mereka terima perlahan. Katholik,protestan, dan islam,mereka mengamalkannya dengan tulus.

Bagaimana dengan indonesia? setelah kepercayaan animisme dan dinamisme di yakini masyarakat secara umum,maka masuklah agama hindu dan budha ke nusantara khususnya pulau jawa. Setelah itu agama islam ,katholik dan kristen protestan masuk ke indonesia disamping masuk pula agama khong hu chu dari china,dan ya,itu semua kita tahu. Inilah penggambaran perkembangan kepercayaan gothic dengan kehidupan kepercayaan masyarakat di indonesia. Kesesatan masa lalu bukan cap di dahi yang menggolongkan kita antara yang benar dan salah. Lau mengapa gothic masih di sangkut pautkan dengan kesesatan?

Seperti yang kita tahu juga,Marilyn Manson ,seorang artis penyanyi yang tentu banyak di kenal orang,yang selalu mengaku musiknya beraliran gothic,bergaya ala gloomy,dan semuanya mengarah kesana, beberapa tahun lalu di angkat menjadi pendeta di gereja setan di amrik oleh Anton Lavey sang pendiri gereja setan. Jadi orang mengira ,dan setidaknya berprasangaka bahwa gothic = satanis, Agnoistic, Atheis, paganis ato yang laen. Padahal salah total.

Gothess ,para pecinta gothic ,datang dari seluruh penjuru dunia, dari berbagai agama dan kepercayaan. Mereka mengangkat unsur–unsur agama dan kepercayaannya menjadi style gothic mereka. Itu semua karena mereka bangga dan percaya pada apa yang mereka yakini. Mereka menampilkan bintang segi 8 simbol Allah di mushaf Al-qur’an Mesir,mengenakan salib yang melambangkan tuhan yesus,terkadang menggunakan dupa yang di percaya menghubungkan dengan dunia gaib, menyukai parfum melati, dan mereka taat melakukan ibadah dan sembahyang. Serta dengan sepenuh hati dan ketulusan memuja tuhan yang mereka percaya selalu menjaga kedamaian.

Mereka mengenakan pakaian yang tertutup ,untuk menutupi diri mereka dari pandangan orang yang penuh sinis dan juga dari silaunya dunia yang mengancam. Mereka mengenakan warna hitam kerena itu warna yang paling polos melebihi warna putih, karena hitam warna yang paling teduh, kerena hitam menggambarkan ketaatan dan ketulusan. Terkadang gothess memadunya dengan warna ungu yang gloomy dan merah yang berani. Bukankah semua itu wajar-wajar saja, dan jika anda sependapat dengan saya maka sesungguhnya para gothess berpegang pada ketulusan dan jiwa yang santun, menginginkan kedamaian di samping mereka.

Bahkan ada pula yang mengangkat unsur–unsur budaya jawa , juga di harapkan budaya sunda, menjadi style gothic kita. Kidung-kidung yang di ciptakan sejak jaman kejayaan kerajaan jawa menyimpan maksud agar kita yang ada di jaman ini menyampaikan apa yang mereka rindukan di masa lalu.

Lalu beberapa bagian dari kita ,gothess,kami tidak akan menyalahkan jika anda pernah kecewa dengan tuhan atau tidak mempercayainya. Sampai semuanya terjadi begitu saja hingga anda atau kita percaya pada hal-hal di luar norma,termasuk masokis ,blood drinker atau persembahan pada gaib. Dan percayalah jika semua itu bukan karena kehendak gothic. Satanis ,masokis ,sucidal dan aksi murder hanyalah sebagian kecil dari gothic dan bagian terbesarnya mengajarkan hal yang sebaliknya. Itulah kenapa kita satu hati dalam keteduhan.

Hanya karena kami gothic tak berarti menyembah setan. Coba dekati dan bicaralah kepada kami anak gothic. Anda akan melihat mereka tidak seburuk yang Anda pikirkan .. . Gothic memiliki pikiran dan tidak hanya berpikir tentang kematian, haus darah, bunuh diri, depresi, Mereka mencoba untuk menemukan cara berpikir berbeda tentang hidup, seperti mencari keindahan dalam hidup.


sumber : http://www.mygothicviolentine.co.cc/2011/03/sejarahdefinisi-gothic.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar ^_^

Blog Tetangga