Jumat, 04 Maret 2011

4 Sebab Pengunjung Malas ke Blog Kita

Pernahkan Anda merasa malas lagi untuk berkunjung ke sebuah blog? Atau setidaknya merasa ‘terpaksa’ harus berkunjung balik sebagai sebuah bentuk balas budi karena telah dikunjungi dan dikomentari? Adalah wajar jika kita suatu saat akan terserang rasa malas untuk berkunjung ke sebuah blog karena blog mostly adalah sifatnya personal jadi terserah yang punya blog. Tetapi, satu hal yang tidak bisa dipungkiri adalah banyaknya pengunjung, banyaknya komentar dari pembaca merupakan satu faktor penting yang membuat sebuah blog menjadi eksis.
Saya tidak percaya 100% jika ada blogger yang bilang tidak perduli dengan pembaca/pengunjung, yang penting saya ngeblog dan menumpahkan ide. Dalam hati pastilah ada rasa ‘kesepian’ jika blognya tidak ada pengunjung. Jadi pengunjung blog sudah menjadi bagian yang tak bisa dipisahkan. Sebisa mungkin pengunjung harus dibuat betah dan menjadi pengunjung setia (dan tidak sekedar terpaksa berkunjung balik). Beberapa tips berikut ini adalah sebab2 yang membuat pembaca biasanya menjadi malas, jadi mesti dihindari:
1. Postingan panjang. Postingan yang panjang sangat melelahkan bagi pembaca kecuali memang topik yang kita sajikan benar2 gres dan penting bagi banyak orang. Selain itu, postingan panjang cenderung menjadi tidak jelas arahnya, kontent utama menjadi kabur. Postingan panjang akan benar2 menjadi mimpi buruk jika ditambah dengan bentuk paragraph yang membengkak. Solusinya mungkin buat postingan yang bersambung.
2. Moderasi Komentar. Namanya juga blog jadi idealnya interaksi menjadi hal penting yang harus diperhatikan. Saat kita menulis komentar di blog seseorang, besar harapan kita agar komentar dan jejak kita bisa segera muncul. Jika dimoderasi, akan ada kekecewaan dan bilang (dalam hati), agh gaya sekali blogger ini pake moderasi2 segala. Kecuali blog anda sedang dilanda spam, moderasi tidak saya anjurkan.
3. Pelit Reply Komentar. Percaya atau tidak, hampir sebagian besar pembaca yang balik lagi ke blog kita, akan melihat dulu komentarnya yang ditulis kemaren. Apa dapat reply atau tidak dari owner blog tersebut. Pengalaman saya, jika komentar saya dijawab, ada perasaan senang dan merasa dihargai. Jadi ada semacam ikatan emosional antara pembaca dengan owner blog. Usahakan selalu membalas komentar yang masuk. Jika benar2 sibuk buat aja satu komentar untuk semua (hi all dst).
4. Penganut anti blogwalking. Jalan2 ke blog orang lain adalah salah satu bentuk sosialisasi sesama blogger. Tiap pembaca yang berkunjung (blogger) berharap kunjungan balik. There is no such free lunch dude. Tentunya akan menjengkelkan saat kita sudah berkunjung 3 kali misalnya, tapi yang dikunjungi tidak juga berkunjung balik ke blog kita. Lalu jika tidak ada yang special, kenapa kita harus balik berkunjung ke sana? Kecuali jika memang blog tersebut adalah termasuk blog seleb seperti Saylow misalnya
http://www.devari.org/2008/06/05/4-sebab-pengunjung-malas-ke-blog-kita/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar ^_^

Blog Tetangga