Jumat, 04 Maret 2011

4 Jurus Ampuh Mengatasi Bosan Ngeblog

Tiap blogger pasti akan mengalami masa2 bosan ngeblog. Entah itu blogger ulung atau blogger pemula, suatu saat akan mengalami penyakit bosan ini. Beberapa gejala yang mungkin bisa dijadikan indikasi terserang penyakit bosan ngeblog adalah sebagai berikut:
1. sepertinya kehabisan ide. Kata ’sepertinya’ ditekankan disini dalam artian sebenarnya kita tidak kehabisan ide untuk tulisan blog tapi karena diserang rasa bosan ngeblog ini menyebabkan seolah2 kita kehabisan ide, sehingga mulailah berkurang ‘kepekaan’ otak kita untuk menangkap ide2 tersebut yang sebenarnya banyak bersliweran di otak.
2. berubahnya internet behavior. Saat masih semangat 45 untuk ngeblog maka pertama kali dibuka saat online adalah blog sendiri kemudian blog orang lain. Urutannya mungkin sebagai berikut: 1. buka blog sendiri, 2. buka blog orang lain, 3. Check email, 4. Login ke messenger, dst dst. Setelah terserang virus bosan ngeblog maka urutan diatas menjadi tidak jelas.
3. kurang perduli komentar. Saat virus bosn ngeblog ini sudah mencapai stadium 3 maka seorang blogger akan menjadi kurang perduli dengan komentar. Ada komentar atau tidak, kurang perduli. Balas komentar di blog sendiri juga sering diabaikan. Dulu setiap buka blog sendiri, yang pertama dilihat pastilah berapa koment yang masuk lalu satu persatu mulai membalasnya walau terkadang hanya sekedar ketik ‘hehehe’
Dan mungkin masih banyak lagi gejala2 seorang blogger yang kena virus bosan. Lalu apa ada obatnya jika terserang virus ini? Obat instant tidaklah ada, namun ada beberapa tips yang mungkin bisa sedikit mengurangi sehingga virus bosan ini bisa disingkirkan. Simak 4 jurus ampun mengatasi bosan ngeblog di bawah ini. Ingat, effect dari tips ini berbeda untuk masing2 blogger:
1. Jadikan bosan sebagai ide. Justru jadikan kebosanan itu sebagai bahan tulisan. Bila perlu bersambung. Misalnya kejadian2 yang dialami akhir2 ini yang menyebabkan menjadi bosan ngeblog.
2. Saatnya blogwalking. Jika merasa bosan dan mentok alias sepertinya tidak ada ide maka ini adalah saat yang tepat untuk blogwalking. Diakui atau tidak, blogwalking masih menjadi cara manual yang ampuh untuk membuat blog semakin dikenal
3. Blog2 baru. Saat blogwalking, usahakan juga untuk mengunjungi blog2 baru yang selama ini jarang atau sama sekali belum pernah dikunjungi. Ini sebagai sebuah bentuk refreshment. Misalnya, jika selama ini biasa keliling2 seputar blogs di Bali, mungkin sesekali singgah di Bandung, Jogja atau Surabaya.
4. Hiatus. Ini jurus pamungkas. Jika beberapa tips diatas tidak mempan maka sebaiknya hiatus saja alias break. Buat satu postingan sebagai pemberitahuan kepada pembaca bahwa anda akan break sementara waktu.
http://www.devari.org/2008/06/03/4-jurus-ampuh-mengatasi-bosan-ngeblog/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar ^_^

Blog Tetangga